Peluang Usaha sampingan bagi buruh/pegawai/pns (Part-1)

Tulisan tentang Peluang Usaha sampingan bagi buruh/pegawai/pns (Part-1)

By : Ridwan buchory
Tulisan ini kucoba untuk saya tuangkan sebagai catatan dari perjalanan usaha sampingan saya agar saya bisa punya “Jejak” J di dunia maya dan mungkin bisa membantu teman2 sekalian untuk menemukan ide usaha bisnis/usaha sampingan yang berguna.
Awal mula dari ide memulai usaha ini adalah L …FAKTOR EKONOMI YG KURANGGG GAANNNN…. L
Seperti teman2 ketahui..menjadi kuli/buruh/karyawan/pegawai dikota terbesar kedua di Indonesia, ibukota Propinsi Jawa Timur..Surabaya tercinta, pendapatan kita paling berkisar antara 1 jt sampai dgn 5 jt/bln…entah dimana posisi anda??..
Mungkin ada beberapa teman atau saudara kita mungkin mempunyai pendapatan yg lebih dari itu atau mungkin kurang dari pada itu…hikhikhik L <kasihan, miskin.com bro>
Tapi menurut perkiraan saya jumlah pendapatan sebagian besar penduduk Surabaya dan kota2 sekitarnya seperti sidoarjo, gresik, mojokerto, lamongan, pasuruan, bangkalan yang berprofesi sebagai buruh/karyawan/pegawai mempunyai range pendapatan seperti saya sebutkan diatas..( 1 sampai 5 jt Rupiah/bln )
Sekarang coba kita berkaca pada diri kita masing2 dengan pendapatan kita yg segitu kita harus menghidupi diri kita, istri kita (maaf yg belum nikah ya J ), anak2 kita mungkin juga ada anggota keluarga kita yang lain, mungkin orang tua atau kerabat2 lain yang ikut dalam bahtera kita, mulai biaya2 belanja bulanan (kebutuhan pokok), biaya transportasi, biaya bayar listrik/air, beli susu anak, biaya pendikan, biaya pengobatan, bayar cicilan rumah, bayar cicilan motor/mobil, bayar utang/kartu kredit, bayar zakat/sedekah, bayar pajak, dll
Kira2 cukup enggak Gan??? L
(Maaf bagi yang belum nikah ya? Kalian jangan takut miskin bila menikah gan!!! Nikah aja dulu nanti aku ajarin cari duit tambahan..hehehe)
Sungguh mumet kepala ini….. L
Mumet ngaturnya karena kurang….hikhikhik… L
Tapi Hidup Must Go On…..Kita tidak meminta hidup didunia ini, tapi kita sudah terlanjur hidup..
mau hidup atau END!!!
Hidup pasti akan mati!!!! Sudah sunahtullah!!!…tapi kalau kita mati sekarang ya janganlah Tuhan… J ….gak akan ada kenangan indah yang akan kita torehkan dalam sejarah hidup kita..Gak akan ada yang bisa kita banggakan kepada Tuhan… J
Kata Ustads AA’ Gym beberapa tahun yang lalu..yang masih terngiang dalam telingaku…
“ Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain!!!” that’s Right???
Ya,,,Selain masalah tersebut diatas…ditempatku berkarya, ditempatku mencari nafkah…satu persatu temanku pergi/resign untuk menggapai harapan penghasilan yang lebih tinggi…mendapat rupiah/dollar yang lebih besar dari yang saat ini didapat..saya mengerti dan paham semua itu kawan (Bosku ngerti nggak ya??? J )…tentunya harapannya dengan penghasilan/gaji lebih tinggi bisa mensejahterakan/membahagiakan diri kita dan orang2 yang dititipkan Allah kepada kita..Istri dan anak2 yang kita cintai….karena standard gaji di Surabaya yg cuman segitu, solusinya adalah hijrah/ merantau ke luar kota, luar propinsi, luar negeri / overseas, meninggalkan keluarga,teman, saudara, lingkungan yg telah kita bangun dari kecil untuk sebuah cita2 mulia, cita2 membahagiakan keluarga kita…
“Bumi Allah ini Sangat Luas Wan!!!!,,,Rejeki Allah bertebaran di muka bumi ini..kalo kita tidak bisa dapatkan yang besar disini kita bisa hijrah ketempat lain..” kata2 temanku yang resign yang masih terngiang dalam telingaku….
Senior2 ku, Kawan2ku……Pak Aryawan, Pak Irawan, Pak Heru, Yulius, Wahyu, Joko N, Wardoyo doyok, Anom, Pak Dwi, Pak Ismadi, Simon, Puji, Mbak etik, bu Anna, Herni, Haryani, mbak nurul, Triyo, Prawoko, Agus endut, Rico, Icuk, Komandan Darsono, M Ali..dan masih banyak lagi nama yang tidak bisa saya tuliskan satu per satu….( Halo kawan2 semua J semoga kalian sukses semua..Aamiin )
Apakah yang kalian rasakan bila ditinggal pergi karib2, sahabat dekat kalian???
Sedihhh bro… L
Menoleh kerumah..melihat anak istri yang membutuhkan uang untuk kebutuhan rumah tangga yang kurang, melihat kekantor banyak teman2 yang Go Out…tambah pusinglah akal dan pikiran kita ini…
Terbersit keinginan untuk mengikuti jalan teman2 yang keluar..
Waduh..Kalut dan Galau Tingkat tinggi pokoknya….
Apa yang saya lakukan menghadapi ini?
Tuhan,Keluarga dan Silaturahmi !!!!!
Ya Kepada merekalah ak tumpahkan segala keluh kesah ini dan juga teman2 yang masih mau mendengar keluh-kesah kita…karena tidak semua teman bisa kita ajak bicara, krn banyak dari mereka juga mengalami kejadian seperti yang kita alami…hehehehe peace kawan2 J
Ada juga tipe kawan yang senang kalau temannya susah, dan sedih bila temannya sukses J
So,,,,,
Lalu aku keluar rumah, melihat tetanggaku kanan kiri, terus melangkahkan kaki keliling kampung…
Aku melihat ternyata tetanggaku ini pada kaya-kaya, punya rumah bagus, punya mobil, punya sepeda motor, lengkap dengan perabotannya..aku melihat dirumah2 itu ada Orang tua dan anak2nya berkumpul dan bercengkeramah..bahagia sekali kelihatannya…
Itu artinya apa???
Bahwa disini, di surabaya, di sidoarjo, dimalang, di gresik dll. Kita bisa hidup kaya!... Kita bisa hidup bahagia!...tanpa pergi keluar kota/negeri untuk mencari rupiah!!...
Disini juga Bumi Allah, yang Allah juga mencurahkan rejekinya…mencurahkan Rahmatnya,
Sekarang masalahnya adalah : How we Get a Money???? Hahahaha……..
Inilah topik Utamanya..pada cerita berikutnya saya akan membahas usaha2 sampingan saya yang pernah saya coba dan lakukan yang bisa menghasilkan uang..untuk usaha saya yang gagal saya tidak akan saya sampaikan,,,biarlah menjadi masa kelam saya J dan jangan anda contoh biar anda tidak menangis L hikhikhik….
Doakan saya sehat wal-afiat biar saya bisa menulis Peluang Usaha Sampingan bagi karyawan part-1,2,dst
Untuk memulai Usaha sampingan yang saya lakukan adalah :
1.       Mendengarkan Ceramah Ustads Yusuf Mansur (Antv) dan Ippo Sentosa (Trans7) di pagi hari, hasil yang saya dapatkan adalah amalan sedekah, sholat dhuha dan mengaji surat Waqiah setiap pagi, amalkanlah amalan2 ini.
2.       Silaturahmi, aku mendatangi teman2, saudara, orang2 yang mempunyai usaha, baik usaha utama atau usaha sampingan, saya mendengarkan cerita2nya dan menjalankan usahanya.
3.       Silaturahmi kepada Wak Kaji Dedy untuk belajar ilmu sabar..hehehe, Assalamualaikum Wak Kaji..mohon doa restunya…
4.       Mendekati Sumber2 keuangan,, Pemodal, Perbankan dan kartu kredit…hehehe, Menurut saya apapun usahanya tetap buruh modal baik berupa modal uang, waktu, pikiran, koneksi internet dll dan semua itu butuh uang kawan..minimal buat beli nasi pecel hehehe.
5.       Menyiapkan Mental Pengusaha. Mental yang Tangguh, tidak cengeng, siap gagal, siap kehilangan modal, siap tidak laku, siap di rendahkan orang, siap di caci-maki orang dll. Kalau kita lulus masa2 ini insyaAllah Anda akan sukses
Itulah langkah2 awal yang aku mulai, Jenis usaha yang telah aku lakukan dan menghasilkan rupiah bagi saya adalah sbb :
1.       Arisan Sepeda Motor
2.       Berjualan Pulsa
3.       Pembesaran Lele dengan Kolam Terpal dilahan kosong samping rumah.
4.       Jual Beli Online
5.       Bisnis Online JSS Tripler
6.       Penjualan offline barang2 perabot di ibu2 pkk dengan cara diangsur
Untuk detail penjelasannya akan saya sampaikan pada tulisan berikutnya. Sekarang udah capek kawan…dan sholat dhuhur dulu ya….
Assalamualaikum, Surabaya 7 Juni 2012

3 komentar:

  1. ayo mas lanjutin ceritanya...sy sbg PNS gol bwh jg kepengen merasakan hidup yg lbh baik...

    BalasHapus
  2. sippp.. postingan yang bagus..

    ditunggu cerita yang lain, untuk saling menyemangati

    BalasHapus
  3. mantap yang bisa berwirausaha, kami menyediakan alat-alat penunjang wirausaha lho :D

    BalasHapus


Postingan Populer