: Terapi Fisik Redakan Radang Sendi

radang sendi? Cobalah melakukan terapi fisik. Terapi ini dinyatakan bisa membantu pasien mengatasi rasa sakit dan kesulitan bergerak akibat radang sendi. Terapis akan membantu memperbaiki fungsi fisik sehingga memudahkan Anda melakukan aktivitas sehari-hari. 

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari terapi ini: 

Olahraga
Pola olahraga yang tepat bisa mengurangi rasa sakit dan kekakuan di persendian. Selain itu, olahraga juga berfungsi memperbaiki kekuatan otot, kelenturan persendian, keseimbangan, koordinasi serta ketahanan. Olahraga apa yang tepat? Jenis yang tepat adalah olahraga yang mempertimbangkan keterbatasan fisik dan mendorong perbaikan secara bertahap. Seorang terapis fisik bisa menilai dan memilih olahraga yang tepat untuk masing-masing paisen. Terapis akan mengajarkan Anda melakukan serangkaian gerakan, latihan kekuatan serta olahraga aerobik. 

Teknik perlindungan sendi
Perlindungan sendi sangat penting untuk memperbaiki mobilitas persendian dan mengurangi risiko cacat sendi. Ada baiknya menghindari stres dan peregangan terhadap persendian. Untuk mengurangi stres terhadap persendian, Anda sebaiknya mencoba mempertahankan atau memperbaiki kekuatan otot. Anda sebaiknya memperhatikan posisi tubuh saat bergerak. Selain itu, hindari aktivitas berlebih dan hindari mengangkat beban berat yang bisa membahayakan persendian. Terapis akan membantu Anda mempelajari teknik-teknik perlindungan sendi ini. 

Mekanisme tubuh yang tepat
Mekanisme tubuh ini merujuk pada cara Anda bergerak. Posisi tubuh yang benar membantu mengurangi rasa sakit di persendian dan otot, stres dan peregangan terhadap persendian, serta mengurangi risiko cedera. Anda sebaiknya memperhatikan secara sadar setiap gerakan yang Anda lakukan saat duduk, berdiri, mengangkat, menggapai dan bahkan saat tidur. Postur yang baik dan kesejajaran yang benar sangat penting. Seorang terapis fisik bisa membantu memperbaiki kesadaran Anda mengenai mekanisme tubuh yang benar. 

Panas dan dingin kurangi sakit
Panas dan dingin bisa meredakan ketidaknyamanan terkait sakit sendi atau rasa sakit pada otot-otot. Mungkin Anda masih bingung memilih mana yang lebih baik, panas atau dingin. Pilihan ini bergantung pada tipe radang sendi serta gejala pada persendian atau otot (seperti sakit, membengkak atau meradang). Beberapa pasien lebih menyukai panas dibandingkan dingin es atau sebaliknya. Seorang terapis fisik bisa membantu Anda memilih terapi yang lebih efektif. 

Perangkat pembantu
Radang sendi menyebabkan rasa sakit di persendian, otot-otot melemah, gerakan terbatas, dan pada beberapa kasus memicu cacat sendi. Dengan semakin terbatasnya gerakan dan bertambahnya rasa sakit saat bergerak, tugas-tugas sederhana akan terasa semakin sulit. Untuk membantu mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan berbagai perlengkapan pembantu. Terapis fisik bisa membantu Anda mengenali aktivitas yang paling sulit Anda lakukan dan cara mengatasinya. 

Hemat energi
Melakukan aktivitas berlebih akan menguras tenaga Anda. Rasa sakit, kekakuan dan keletihan akan meningkat jika aktivitas tidak seimbang dengan istirahat. Anda harus mengetahui batas Anda dan belajar untuk berhenti begitu mencapai titik tersebut. Rasa sakit merupakan pertanda adanya gangguan. Terapis fisik bisa membantu Anda mengenali batas dan mengatur tingkat aktivitas Anda


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar