Sulit Bangun Pagi? -- Tip Mudah untuk Si Sulit Bangun Pagi


Retno Hemawati
PERNAHKAH Anda merasa rencana Anda rusak seharian hanya gara-gara bangun terlambat? Tentu saja karena rancangan yang sudah Anda susun menjadi kacau balau. Sesekali bisa dimungkinkan, tetapi apa jadinya jika bagun siang ini menjadi kebiasaan? Berikut ini adalah tip untuk Anda yang mengalami kesulitan bangun pagi. Intip yuk!

1. Jangan Memencet Tombol ‘Snooze’
Strategi yang paling tepat adalah menyetel alarm pada jam dimana Anda benar-benar akan bangun, tidak usah menyetelnya lebih awal karena Anda tahu hal itu hanya akan membuat Anda lebih sering menekan tombol snooze. Ketika Anda menekan tombol snooze, otak Anda tahu dan akan berkata bahwa bunyi itu akan mati beberapa menit lagi, sehingga Anda akan tertidur lebih pulas. Tapi itu juga artinya Anda akan lebih capek mendengar bunyi itu daripada ketika mendengar bunyi itu pertama kalinya.

2. Lihatlah yang berwarna
Gunakan warna-warna cerah seperti merah, hijau muda, orange atau kuning pada perlengkapan tidur apapun yang berada dekat area kasur. Pastikan benda-benda itulah yang akan terlihat saat membuka mata untuk pertama kalinya.
Sebab ketika mata Anda terbuka dan melihat sesuatu yang berwarna, adrenalin akan terpicu sehingga menyebabkan energi Anda terbit.

3. Pijatan di wajah
Ketika bangun tidur, tetaplah berbaring dan pijatlah area di sekitar wajah. Aktivitas ini  akan meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat bangun tidur. Mulailah memijat dari daerah kening, pipi, pukul-pukul dengan telapak tangan, kemudian daerah dagu dan akhirnya seluruh bagian wajah. Selain meningkatkan sirkulasi darah, gerakan memijat bisa membuat Anda berpijar dengan cepat.

4. Rancang dan bayangkan harimu
Ketika Anda benar-benar terbangun, tutup mata sejenak dan gambarkan apa yang akan Anda kerjakan pada hari itu dengan penuh semangat dan positif. Berimajinasi tentang aktivitas selanjutnya akan merangsang otak untuk berpikir dan Anda akan berusaha mewujudkannya ketika benar-benar beraktivitas.

5. Lihatlah bunga mawar
Melihat bunga mawar ketika bangun terutama bagi wanita akan meningkatkan mood dan semangatnya yang akan bertahan sepanjang hari. Jika memungkinkan tanamlah pohon mawar di luar jendela dan sangat mungkin terlihat saat Anda bangun pagi. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa membeli potongan bunga mawar segar yang perlu diganti setiap tiga hari sekali.

6. Sinar matahari
Kamar tidur yang paling baik adalah kamar berventilasi sehingga memungkinkan cahaya matahari masuk. Sinar matahari yang menyentuh kulit akan membuat Anda lebih terbangun. Bacalah koran di dekat jendela atau keluarlah untuk sekedar minum kopi beberapa menit. Cahaya pagi yang masuk ke dalam tubuh bagaikan jam biologis yang akan menghentikan sekresi melatonin, hormon yang membuat seseorang mengantuk dan meningkatkan hormon serotonin yang memicu mood seseorang.

7. Minumlah air putih
Meminum segelas air putih segera setelah terbangun adalah cara yang baik untuk mengganti cairan tubuh yang berkurang semalamnya. Segala sesuatu yang terjadi di dalam tubuh memerlukan air. Tanpa air yang cukup, sistem metabolisme dalam tubuh akan bekerja lebih keras yang dapat menyebabkan melemahnya fungsi organ.

8. Aktivitas ringan
Melakukan seks di pagi hari contohnya bisa meningkatkan mood Anda karena beberapa hormon akan keluar, seperti hormon peningkat stamina (testosteron), energi (dopamin) dan ketenangan (oxytocin). Namun jika tidak mungkin untuk dilakukan, Anda bisa melakukan gerakan-gerakan sederhana.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar