Pengalaman Berinternet

Aku sendiri aktif menggunakan internet sejak pertengahan tahun lalu (Juni 2007). Memang sudah lama tahu internet, tapi tidak aktif menggunakan, hanya sekali-sekali saja.
Aku mulai dengan melihat-lihat saja, mencari-cari sesuatu yang menarik, yang bisa aku nikmati.
Kebetulan saat itu adalah awal aku mengikuti program viral marketing Dynasis. Program pembelian pulsa elektrik dengan konsep viral marketing murni. Dengan gratis biaya pendaftaran dan harga sesuai pasaran, sedangkan tiap bulan aku pasti membeli pulsa. Tentu saja bagiku, tidak ada salahnya mencoba.
Aku buat blog yang menampilkan penjelasan tentang bisnis Dynasis tersebut, dan aku pasang iklan di beberapa web yang menyediakan iklan baris. Dan emailku mulai terkenal, dan banyak sekali email masuk dari orang-orang yang tidak aku kenal.
Disitu banyak sekali macam-macam penawaran dan informasi. Yang paling banyak adalah penawaran program reseller, viral marketing, multi level marketing, web-web, dan jenis iklan lainnya.
Sejak itu menjalankan bisnis Dynasisku mulai melalui online saja, cara offline tidak pernah lagi aku lakukan. Apalagi kebanyakan teman-temanku yang aku kenal, sudah ikut Dynasis. Lah wong gratis, dan produk pasti terpakai, tentu saja banyak orang yang tidak punya alasan untuk tidak ikut. Ya, kecuali memang tidak punya hp, atau punya hp tapi untuk sms saja, harus minta diajari cucunya.
Untung, kemudian Dynasis punya web replika untuk setiap membernya, jadi lebih mudah menjalankan bisnis itu secara online. Meskipun blogku tetap jalan terus.
Dari itu, aku mengenal jenis bisnis yang lain yang ada di internet. Prinsip pertamaku, aku akan mencoba sesuatu yang tidak mengeluarkan uang. Karena katanya di internet ada banyak penipuan dan banyak jenis bisnis yang tidak jelas. Tentu saja internetnya tetap bayar dan mengeluarkan waktu untuk belajar dan memenuhi keingintahuan itu. Tapi untuk mencari pengetahuan dengan mencoba, bagiku tidak masalah meluangkan waktu untuk usaha diinternet tersebut.
Yang aku coba, yang tidak mengeluarkan uang sama sekali. Info-info itu juga aku ketahui dari saat memasang iklan. Ada web yang menyediakan tempat untuk kita bisa memasang iklan dan mendapatkan pengetahuan tentang bisnis-bisnis di internet. Dan aku juga beberapa kali membantu temanku yang juga ikut Dynasis untuk memasang iklan di web itu juga. Dan kemudian aku ketahui, ternyata web semacam itu banyak sekali.
Kemudian aku coba program yang menampilkan iklan di monitor, dan kita bisa mengajak orang lain untuk memasang iklan di monitor komputernya. Berdasarkan lama waktu kita menampilkan iklan tersebut dan termasuk jaringan kita juga, kita akan dibayar. Kalau jaringan kita masih sedikit hasilnya memang sangat kecil.
Program selanjutnya yang aku coba, dan juga gratis, tanpa bayar sama sekali adalah, web komunitas, pergaulan, yang kita bisa chatting, buat blog, berbagi info, saling kirim pesan, dan ada dipasang iklan-iklan di situ. Setiap klik yang kita lakukan di dalam web tersebut, di member area kita, untuk mengatur profile, mengedit posting dan kegiatan lainnya, kita akan dibayar dengan perhitungan berdasarkan jumlah klik yang kita lakukan. Dalam program itu, kita juga bisa mengajak teman-teman kita untuk ikut bergabung, dengan kita sebagai referralnya. Setiap klik yang mereka lakukan di area mereka, di url itu, kita dapat bagian pembayarannya.
Seperti program gratis lainnya, program ini juga kecil sekali hasilnya ketika jaringan kita masih kecil. Tapi akan besar dan sangat besar jika jaringan kita semakin banyak. Karena programnya gratis, dan kita bisa menikmati pergaulan dan memperbanyak teman, maka akan banyak sekali orang yang mau mencoba.
Untuk blog, banyak sekali yang aku coba buat, dan kebanyakan kemudian aku tinggalkan. Aku mencoba hanya karena ingin belajar untuk membuatnya. Aku suka, yang untuk posting langsung bisa copy paste dari Ms Word, dan hasilnya tidak berubah.
Dari banyak sekali yang aku buat itu akhirnya yang aku teruskan pembuatannya hanya yang di blogger.com dan wordpress.com. Yakni Informasi Bisnis di Internet, Belajar Islam, Forum Positif, Agama Islam, Bunga-Bunga.
Baru-baru ini aku juga mencoba yang ada di multiply.com. Rencana ingin aku tampilkan barang-barang titipan dan barang-barangku sendiri yang hendak saya jual. Karena aku punya kebun tanaman hias, yang tentu saja melayani jika ada yang pesan. Dan juga usaha ku yang lain, yang mungkin bisa juga diiklankan lewat internet. Tapi itu masih dalam tahap percobaan.
Ada juga hal-hal yang ingin aku tawarkan lewat internet. Tapi masih belajar untuk membuat blog dan cari memberikan tampilan di blog tersebut. Dan nantinya kalau sudah cukup mengusai pembuatan web, akan membuat web yang bayar. Itu masih rencana, dan mudah-mudahan akan segera terealisasi.
Aku lulusan arsitektur, jadi ingin juga menawarkan jasa desain bangunan, landscape, atau interior bagi yang mau membangun rumah, atau gedung yang lain, atau hanya sekedar mendesain interiornya atau tamannya. Dan aku punya banyak teman-teman yang bisa membantu untuk mendesain.
Aku juga menguasai pembuatan autolisp yang biasa digunakan untuk membantu mempercepat menggambar menggunakan program autocad. Dan mungkin itu juga bisa aku tawarkan.
Baru-baru ini aku juga mendapat kesempatan untuk membuatkan iklan yang menampilkan barang dagangan Cuka Apel Organik merk “Bio Fresh“. Kalau ada yang ingin informasinya silakan saja dikunjungi.
Ada juga teman yang menawarkan produksi mainannya. Tapi masih dalam proses pembuatan tampilan blognya. Masih difoto-foto produk mainan tersebut, dan masih negosiasi masalah bagi hasilnya.
Ada juga ya, hasilnya, belajar membuat blog, itu.
Yang aku buat beberapa hari lalu adalah menampilkan iklan yang memang disediakan oleh satu perusahaan yang melayani pemasangan iklan di blog-blog. Seperti yang aku pasang di blogku ini, adalah iklan yang dikirim oleh http://Kumpulblogger.com/. Lumayan, kita dapat rupiah setiap kali ada yang klik iklan yang ditampilkan itu.
Kalau Anda mau memasang iklan juga di blog Anda, langsung saja daftar di http://Kumpulblogger.com/, gratis, tanpa biaya sama sekali.
Kita juga bisa memasang iklan yang akan ditampilkan di blog-blog seperti yang ditampilkan di blog ini, dan kita membayar hanya jika iklan kita diklik secara khusus, ada aturannya, tidak semua klik dihitung, untuk mengantisipasi adanya orang yang nakal. Untuk pasang iklan bisa langsung saja melalui Kumpulblogger.
Aku masih terus belajar untuk membuat web, dengan dimulai mempelajari yang benar-benar gratis dulu dan tidak merugikan orang lain. Makanya aku menghindari program seperti misalnya arisan berantai dan hal-hal yang seperti itu atau melakukan penipuan.
Aku juga sering sekali mendapatkan email yang isinya mengindikasikan penipuan. Dan bahkan ada yang sampai melakukan percakapan melalui YMku dan menelepon ke no HPku. Biasa. Seperti yang sering terjadi, kita dikatakan akan mendapatkan dana hibah dari Afrika. Lalu aku disuruh datang untuk ke Jakarta untuk mengambil dana itu. Dan membayar biaya kurir dan petugas yang membantu di Indonesia.
Akhirnya aku menemukan cara untuk memberikan alasan yang tidak menyinggung mereka jika seandainya mereka tidak menipu. Yakni dengan mengatakan secara terus terang bahwa di sini banyak penipuan dengan modus pengiriman dana seperti itu. Makanya aku minta pihak bank yang mengirim dana tersebut untuk menggunakan cara pengiriman yang tidak memberikan beban biaya sedikitpun pada penerima dana. Dengan cara apapun yang mungkin biayanya dikreditkan dari dana yang akan dikirim, atau apapun, asal penerima tidak mengeluarkan biaya apapun terlebih dulu.
Begitu sebagian kisah diriku ini tentang dunia internet. Aku tidak menceritakan hal-hal tentang forum-forum yang aku ikuti. Dalam membuat blog, aku hanya ingin membagikan sesuatu yang mungkin berguna dan ada yang membutuhkannya. Apa yang saya tahu tentang teori-teori, dan catatan-catatan selama belajar, terutama yang telah aku salin di koputerku.
Semoga berguna.


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Postingan Populer