Menurunkan Lemak?

Mengapa Menurunkan Lemak Itu Penting ?

Dalam fitness atau kebugaran, sehubungan dengan penampilan fisik tubuh yang lebih baik, pada dasarnya hanya ada 2 tujuan besar, yakni: menurunkan lemak dan meningkatkan otot.

Lalu mengapa menurunkan lemak itu penting? Lemak adalah sumber penyakit dan merupakan biang keladi bagi penyakit mematikan seperti kanker, diabetes, stroke, jantung koroner, dan tekanan darah tinggi. Semua lemak yang disimpan oleh tubuh adalah akibat dari kalori makanan yang masuk melebihi kalori yang keluar lewat aktivitas tubuh.

Lemak tersebut tersimpan di berbagai tempat, ada yang menumpuk pada kantong-kantong lemak di bawah permukaan kulit, ada pula yang menumpuk pada organ-organ penting seperti hati, pankreas, lambung, otak, dan jantung, ada juga yang menumpuk pada pembuluh darah.

Apabila menumpuk di jantung, maka akan menimbulkan serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Apabila menumpuk di bawah permukaan kulit dan pankreas maka akan menimbulkan obesitas, kolesterol tinggi dan diabetes. Apabila menumpuk di hati, maka akan menyebabkan kanker. Apabila menumpuk di pembuluh darah dan otak maka akan menimbulkan stroke dan tekanan darah tinggi.

Jadi konsensus medisnya, semakin rendah kadar lemak yang dimiliki tubuh maka akan semakin baik. Untuk pria, usahakan untuk meraih kadar lemak tubuh antara 10-17%. Untuk wanita, usahakan untuk meraih kadar lemak tubuh antara 17-25%.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Yang Lain