Ayo Bersihkan Akun-akun Kriminal dari Facebook Kita

Please…. attention…. 
Facebook adalah media sosial yang paling mudah untuk komunikasi untuk kita, entah kita di Indonesia, Malaysia, Inggris, Amerika, Korea, semua bisa komunikasi dengan facebook. tapi sekarang ini banyak sekali orang-orang yang membuat facebook sebagai media kriminalitas,
Dari penyebaran ajaran sesat, sampai penculikan, pemerkosaan dan kerusuhan disebabkan oleh penggunafacebook yang kriminal. Coba kita kembali mengecek daftar pertemanan kita, apabila disana ada akun-akun yang janggal, atau akun itu menyebarkan keburukan, foto-foto yang tidak pantas, entah porno atau sadisme, sebaiknya anda hapus pertemanan anda dengan dia. Karena untuk menjaga diri anda sendiri dari kriminalitas di facebook, dan mengurangi kesempatan orang-orang kriminal menjerat diri anda.
Berikut ini beberapa kriminalitas yang pernah terjadi di facebook.

1. Tertipu Online shop.
Banyak sekarang ini online shop yang menjamur di facebook, semakin hari semakin bertambah, dan yang dijualpun semakin beraneka, namun ada kalanya kita harus berjaga-jaga dari online shop palsu yang hanya menginginkan uang kita, setelah kita transfer sejumlah uang, dia kabur dan tidak online lagi. Atau bahkan kasusnya ada yang melebar seperti ini, Pembeli penipu berlagak membeli sebuah barang kepada anda, dan dia mentransfer sejumlah uang sesuai kesepakatan, tapi setelah barang dikirim, tidak lama anda sebagai online shop akan menerima sebuah telp, sms atau inbox yang berisi mengenai kekecewaan seseorang yang tidak anda kenal dan membicarakan mengenai barang yang tidak anda jual.
Kesimpulannya, pembeli penipu itu sebenarnya dia juga berlaku sebagai online shop yang menjual produk lain, dan bila ada orang yang membeli produk abal-abalnya itu, dan mentransfer uang, dia tidak melayani konsumennya, namun, malah membeli produk lain, dan uang konsumen itu ia gunakan untuk konsumsinya sendiri. Hal ini merugikan kedua belah pihak, konsumennya dan anda sebagai  onlineshop yang jujur. Konsumennya kehilangan uang, dan anda yang jujur mendapatkan dampak pencemaran nama baik dan diharuskan mengembalikan uang.
Orang-orang yang menipu seperti ini, sungguh tidak peduli dengan orang lain, bahkan tidak peduli bagaimana dosa yang ia tanggung kedepannya nanti, ia hanya peduli dengan barang atau materi yang bisa ia konsumsi saat ini. Tak perlu kita membahas lagi mengapa dan bagaimana pertama kali orang-orang itu punya misi seperti itu. Karena sudah banyak yang membahasnya.
Sekarang bagaimana kita menjaga diri kita dari onlineshop-onlineshop nakal atau malah palsu, dan sarang penipu.
Pertama, kita hati-hati dengan online shop di facebook yang berbentuk akun pribadi,  lihat dulu informasi tentang online shop itu. Ada alamat lengkapnya tidak, kalau perlu search di google map alamat itu, kalau ada dan bukan alamat palsu, anda boleh setengah percaya,  setelah itu lihat kontaknya, bisa ditelp tidak?, lalu lihat favorite thing, yang dia sukai, atau kalau perlu anda bisa tanyakan websitenya apa?. kalau punya anda boleh percaya setengah lagi, lalu lihat foto-fotonya.
Koleksi foto, disetiap foto ada keterangan produknya atau tidak?, harganya lengkap atau tidak, disediakan informasi pembelian atau tidak, itu semua harus dicek. Kalau semuanya sudah lengkap dan bisa dipercaya, anda bisa memesan satu saja produk ke orang itu. yang paling murah, atau yang tidak terlalu mahal.
Kalau pelayanannya bagus, produk dikirim walaupun lambat tapi tetap sampai, dengan selamat, dan produknya tidak jauh perbedaannya dengan foto. Maka online shop itu bisa dipercaya dan anda boleh membeli apapun disana. Namun jaga hubungan baik dengan online shop untuk mendapatkan layanan khusus seperti diskon, merchandise atau hadiah persahabatan lainnya. karena onlineshop di facebook sangat bersahabat.
Oh iya. hindari dan putuskan online shop yang terlalu sering main TAG, ada beberapa penilaian dari banyak orang tentang online shop yang terlalu banyak men-TAG orang asing, "Dia ingin menyebarkan produknya dengan instan" "Dia ingin mendapatkan banyak mangsa atau pembeli"
Dan untuk para onlineshop yang baik hati, jangan pernah main TAG orang-orang yang sangat asing atau baru add akun anda. Karena kalau kebanyakan di TAG, orang akan merasa kesal dan akan mengKLIK anda sebagai spammer, meskipun tertarik dengan produk anda dia tidak akan membeli, lalu apa yang akan anda dapatkan? facebook akan memblokir beberapa fasilitas online shop anda. padahal anda tidak pernah menipu ataupun melakukan hal kriminal lainnya. Jadi… jaga diri anda sekarang juga.

2. Pria hidung belang VS Gadis perayu
Kalau yang dua ini, banyak yang terjebak, dan banyak pula yang merasa risih. Modusnya setelah di add dia posting di wall kita dengan ucapan-ucapan yang tidak seharusnya, kata-kata yang tidak pantas dan merayu-rayu. dan banyak orang yang mengatakan "Ah itu hal biasa, itu kan gaul"
Hello…… kalian semua yang bilang itu gaul, itu sungguh tidak normal. Setelah dia post kata-kata rayuan di wall anda yang membuat risih. Dia akan menyapa setiap hari di chat facebook. Tanpa alasan yang jelas, tanpa maksud yang jelas, dan hanya pembicaraan yang sepele. Lalu anda akan diminta no hp, lalu dia akan sms diri anda, tidak peduli anda telah menikah atau punya belasan anak. Dia akan tetap mengganggu diri anda. Dan….. akhir-akhirnya anda akan suka dengan rutinitas yang aneh itu. Barulah dia membombardir kesedihan kepada anda, memintah sedikit uang untuk keluarganya, membantu kakaknya, dan ya seperti itulah. Seperti pelacur dan gigolo didunia nyata. Tapi anda akan mendapatkan suguhan foto-foto palsu dari akun itu. Bukan foto pemilik akun itu sendiri.
Banyak orang baik yang tersesat karena orang-orang seperti ini. Ayolah kawan… bila ingin serius berhubungan dengan seseorang, jangan pernah memulainya di dunia maya seperti facebook. Karena facebook sangatlah global dan bukan tempat yang pas untuk mencari pasangan hidup. Dan masih banyak media sosial yang dikelola oleh beberapa ahli kejiwaan untuk mempertemukan kalian dengan pasangan yang pas dan sesuai kriteria.
Bagi yang punya suami atau istri, hati-hati jangan sampai anda melanjutkan hal seperti itu, chat dengan orang lain, share dengan orang lain tentang masalah pribadi anda, apalagi mengeluarkan sejumlah uang untuk menolong "someone FAKE" yang tak jelas siapa dia. Dan begitu juga dengan kalian yang masih belum menikah.  Semuanya. cepat~! hapus akun orang itu dan blokir, jangan tanggung-tanggung, laporkan orang yang seperti itu difacebook. Sebagai pelecehan, atau spamer. Maka semakin banyak orang yang melaporkan akun orang itu, maka facebook akan menghapuskan beberapa fasilitas untuk dia.
Kalau ingin mendapatkan pasangan yang baik, untuk apa cari di facebook, cari ditempat-tempat yang baik, seperti di pesantren terkenal, forum-forum dakwah, atau seseorang yang dikenalkan saudara dan  sahabat, atau kalau agama lain, bisa cari di gereja, dan tempat-tempat peribadatan lainnya. Orang yang baik akan berada di tempat yang baik pula. Kita sekiranya harus selalu mengingat sebuah pepatah "Apabila kamu sudah menjadi orang yang baik, kamu akan mendapatkan pasangan yang baik pula, yang nantinya akan membahagiakanmu dan mencintaimu lebih dari siapapun"

3.  Serangan Alay.
Wow… sudah jelas dan lugas, menurut beberapa pengguna media sosial, facebook tempatnya para Alay. what is Alay?.....


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Yang Lain