Solusi Atasi Banjir di Sidoarjo

Banjir di kota, memang sangat mengganggu banyak pihak. Penduduk yang rumahnya tergenang, tidak bisa melakukan aktifitas sehari-hari dengan leluasa dan nyaman. Sayangnya banjir itu kerap terjadi di musim hujan seperti saat ini. Dan itu sudah terjadi setiap musim hujan pada setiap tahunya. Kita telah melihat banyak pejabat yang peduli mencoba mencari solusi. Kawan-kawan masyarakat pun telah berusaha mengatasi dan meminta tanggung jawab pemerintah. Wacana dan diskusi juga telah banyak dilakukan untuk mendapatkan jawaban yang terbaik untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah ini.
Banjir di kota Sidoarjo, telah kita ketahui disebabkan daya tampung sungai yang menerima kiriman air hujan tidak mencukupi. Kota Sidoarjo yang dilewati banyak sungai, sangat dipengaruhi oleh kapasitas sungai dalam menerima luapan air. 
Pengerukan dan pelebaran sungai adalah langkah yang tepat untuk mengatasi banjir Sidoarjo. Sayang sekali, pengerukan yang dilakukan sering kurang efektif karena sasarannya kurang tepat. Memperdalam dan melebarkan sungai di sisi dekat kota memang bagus untuk memperbesar daya tampung. Namun petugas dan yang berwenang, sering melupakan adanya bottleneck antara sungai di dekat kota (hulu) dengan sisi muara sungai. Mengenai hal ini mari kita diskusikan.

SOLUSI Praktis mengatasi Banjir........
Selengkapnya tentang Solusi Atasi Banjir di Sidoarjo klik disini

REM TROMOL (DRUM BRAKE) - Sepeda Motor

Rem tromol merupakan sistem rem yang telah menjadi metode pengereman standar yang digunakan sepeda motor kapasitas kecil pada beberapa tahun belakangan ini. Alasannya adalah karena rem tromol sederhana dan murah. Konstruksi rem tromol umumnya terdiri dari komponen-komponen seperti: sepatu rem (brake shoe), tromol (drum), pegas pengembali (return springs), tuas penggerak (lever), dudukan rem tromol (backplate), dan cam/nok penggerak. Cara pengoperasian rem tromol pada umumnya secara mekanik yang terdiri dari; pedal rem (brake pedal) dan batang (rod) penggerak.

Pada saat kabel atau batang penghubung (tidak ditarik), sepatu rem dan tromol tidak saling kontak. Tromol rem berputar bebas mengikuti putaran roda.Tetapi saat kabel rem atau batang penghubung ditarik, lengan rem atau tuas rem memutar cam/nok pada sepatu rem sehingga sepatu rem menjadi mengembang dan kanvas rem (pirodo)nya bergesekan dengan tromol. Akibatnya putaran tromol dapat ditahan atau dihentikan, dan ini juga berarti menahan atau menghentikan putaran roda.

Rem tromol terbuat dari besi tuang dan digabung dengan hub saat rem digunakan sehingga panas gesekan akan timbul dan gaya gesek dari brake lining dikurangi. Drum brake mempunyai sepatu rem (dengan lining) yang berputar berlawanan dengan putaran drum (wheel hub) untuk mengerem roda dengan gesekan. Pada sistem ini terjadi gesekangesekan sepatu rem dengan tromol yang akan memberikan hasil energi panas sehingga bisa menghentikan putaran tromol tersebut. Rem jenis tromol disebut "internal expansion lining brake". ...........

Selengkapnya tentang REM TROMOL (DRUM BRAKE) - Sepeda Motor klik disini


.

Postingan Populer