Berikut keterangan tentang Page Rank google dan sistem mesin pencari Google dicopy dari http://www.google.com/corporate/tech.html
Google berdiri sendiri dengan fokusnya untuk mengembangkan “mesin pencarian yang sempurna”, sesuai yang dicanangkan oleh salah seorang pendiri, Larry Page, sebagai sesuatu yang “benar-benar mengerti apa yang Anda maksudkan dan memberikan apa yang memang Anda inginkan”. Karena itu, Google secara gigih terus berinovasi dan tidak menyerah pada keterbatasan model yang ada saat ini. Sebagai hasilnya, Google mengembangkan infrastruktur layanan milik sendiri dan terobosan teknologi PageRank™ yang mengubah cara melakukan pencarian.
Sejak semula, para pengembang Google mengetahui bahwa penyediaan hasil yang tercepat dan paling akurat memerlukan bentuk penyiapan server yang berbeda. Sementara kebanyakan mesin pencari menjalankan beberapa server besar yang sering melambat di saat beban maksimum, Google menggunakan PC yang tersambung untuk cepat menemukan jawaban pertanyaan. Inovasi ini berhasil mewujudkan waktu respons yang lebih cepat, jangkauan yang lebih luas, dan biaya yang lebih rendah. Ide ini telah ditiru oleh pihak lain, sementara Google terus menyempurnakan teknologi pendukungnya untuk membuatnya jauh lebih efisien.
Perangkat lunak di balik teknologi pencarian Google menjalankan serangkaian kalkulasi secara serempak yang hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik. Mesin pencarian tradisional sangat mengandalkan pada seberapa sering suatu kata muncul di halaman web. Google menggunakan PageRank™ untuk menguji seluruh struktur link di web dan menentukan halaman manakah yang paling penting. PageRank kemudian menjalankan analisis pencocokan hypertext untuk menentukan halaman mana yang relevan dengan pencarian khusus yang diminta. Dengan menggabungkan seluruh kepentingan dan relevansi khusus pertanyaan, Google mampu menempatkan hasil paling relevan dan dapat dipercaya di baris paling atas.
  • Teknologi PageRank: PageRank mengukur kepentingan halaman web yang objektif dengan memecahkan persamaan lebih dari 500 juta variabel dan 2 miliar istilah. Alih-alih menghitung link langsung, PageRank menafsirkan sebuah link dari Halaman A ke Halaman B sebagai pilihan untuk Halaman B melalui Halaman A. Kemudian PageRank menilai pentingnya halaman melalui jumlah pilihan yang diterima.
    PageRank juga mempertimbangkan pentingnya setiap halaman yang menentukan pilihan, selama pilihan dari beberapa halaman dianggap memiliki nilai yang lebih penting, sehingga halaman terkait memiliki nilai yang jauh lebih bermakna. Halaman yang penting akan menerima nilai PageRank yang lebih tinggi dan akan muncul di bagian paling atas pada hasil pencarian. Teknologi Google menggunakan inteligensi kolektif dari web untuk menentukan kepentingan halaman. Tidak ada keterlibatan atau manipulasi manusia untuk hasil pencariannya, dan itulah sebabnya pengguna sampai mempercayai Google sebagai sumber informasi yang objektif dan tidak terganggu oleh penempatan yang dibayar.
  • Analisis Pencocokan Hypertext:Mesin pencarian Google juga menganalisis konten halaman. Namun, daripada hanya sekadar membaca sepintas teks berdasarkan halaman (yang dapat dimanipulasi oleh penerbit situs melalui meta-tag), teknologi Google menganalisis keseluruhan konten halaman dan berbagai faktor berupa font, subdivisi, dan lokasi yang sesungguhnya dari setiap kata. Google juga menganalisis konten halaman web di sekitarnya untuk memastikan hasil yang disampaikan adalah yang paling relevan bagi pertanyaan yang diajukan oleh pengguna.
Inovasi Google tidak berhenti pada desktop. Untuk menghadirkan hasil pencarian yang akurat dan cepat bagi pengguna yang mengakses web melalui perangkat portable, Google juga memelopori teknologi pencarian nirkabel pertama untuk penerjemahan sambil menjelajah dari HTML menjadi format yang dioptimalkan untuk WAP, i-mode, J-SKY, dan EZWeb. Kini, Google menyediakan teknologi nirkabel ini pada sejumlah pemimpin pasar, antara lain AT & T Wireless, Sprint PCS, Nextel, Palm, Handspring, dan Vodafone.

Jangka Waktu Pertanyaan Google

Jangka waktu pertanyaan Google biasanya berlangsung kurang dari setengah detik, namun dalam waktu sesingkat itu pula, ada beberapa langkah yang harus dilewati sebelum hasilnya dapat dikirimkan kepada orang yang mencari informasi.

3. 
Hasil pencarian disampaikan kepada pengguna dalam beberapa detik.
1. Server web mengirimkan pertanyaan ke server indeks. Konten di dalam server indeks mirip dengan indeks di bagian belakang sebuah buku - yang menyebutkan di halaman mana letak dari kata-kata yang cocok dengan pertanyaan.
2. Pertanyaan berjalan menuju server dokumen, yang sebenarnya adalah pengambilan dokumen yang tersimpan. Snippet dihasilkan untuk menggambarkan setiap hasil pencarian.

1 komentar:

  1. ahhhhhhhhhhhhhhh, masih belum pham
    mohon penjelesan singkat atau inti dari artikel diatas

    BalasHapus