Komponen AC

Mendukung Stop Dreaming Start Action

A. Evaporator

Yaitu cairan refrigerant yang bertekanan diturunkan pada katup ekspansi dan didistribusikan secara merata melalui pipa evaporator. Dalam hal ini refrigerant akan menyerap panas udara sehingga udara menjadi dingin. Dan refrigerant akan menguap dan dikumpulkan dalam penampung uap dan selanjutnya tekan oleh kompresor untuk disirkulasikan atau dialirkan menuju kondensor.

B. Kompresor

Di dalam kompresor, tekanan uap yang berasal dari evaporator disirkulasikan menuju kondensor. Selama proses kompresi berlangsung, temperatur dan tekanan uap refrigerant menjadi naik dan ditekan masuk ke dalam kondensor.

C. Kondensor

Uap refrigerant yang bertekanan dan bersuhu tinggi pada akhirnya kompresi, dapat dengan mudah dicairkan dengan mendinginkannya dengan air pendingin (atau udara pendingin pada sistim air cooled). Dengan kata lain, uap refrigerant menyerahkan panasnya kepada air atau udara pendingin di dalam kondensor sehingga mengembun dengan menjadi cair.

D. Katup Ekspansi

Digunakan untuk menurunkan tekanan cairan refrigerant yang bertekanan tinggi sebelum memasuki evaporator. Katup ekspansi yang biasa digunakan adalah ekspansi thermostatic yang dapat mengatur laju aliran refrigerant yang masuk ke dalam evaporator. Untuk mesin-mesin AC dengan kapasitas kecil, katup ekspansi ini diganti dengan pipa kapiler.

Mendukung Stop Dreaming Start Action

__________________________________________

Terima kasih: Duta PulsaPersewaan Alat PestaTokonya Arek SuroboyoToko JilbabKoleksi Abaya-Busana MuslimKerudung Murah


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar